Keindahan Waduk Sermo Kulon Progo yang Super Instagenic! -->

Keindahan Waduk Sermo Kulon Progo yang Super Instagenic!

Valeria V
22 Juni 2020



Waduk Sermo adalah sebuah sumber air bersih untuk daerah Wates dan juga bermanfaat sebagai sumber pembangkit listrik. Selain itu tempat ini juga digunakan sebagai salah satu tempat latihan lomba dayung. Diresmikan pada 20 November 1996, destinasi ini kini menjadi destinasi wisata yang populer.

Waduk Sermo bisa dibilang menjadi salah satu wisata favorit bagi traveler dari dalam maupun luar Kulonprogo. Menyajikan pemandangan alam berupa danau, wilayah daratan yang ditumbuhi hamparan rumput hijau, serta kawasan perbukitan, membuat destinasi ini menjadi candu bagi wisatawan.

Bukan sekadar melihatnya dari dekat, view waduk ini juga bisa disaksikan dari ketinggian. Istimewanya lagi, ada sejumlah wisata di Kulonprogo yang menawarkan fasilitas tersebut. Berikut daftarnya.


1. Bukit Wisata Pulepayung
@pulepayung


Landscape perbukitan hingga waduk kebanggaan Kulonprogo siap memanjakan matamu. Kamu bisa melihatnya secara jelas dari spot yang sudah disediakan pengelola.

Liburan ke tempat wisata di Jogja satu ini nggak bikin nyesel deh. Selain pemandangannya yang indah, beragam fasilitas seperti warung, toilet, hingga tempat ibadah sudah tersedia di sini.

Lokasi Pulepayung : Soropati, Hargotirto, Kokap, Kulonprogo

Jam buka : 08.00-16.00 WIB

Tiket masuk Pulepayung : Rp15 ribu (info bisa berubah sewaktu-waktu)


2. Kalibiru
@f.lawella

Kalibiru pasti sudah nggak asing lagi buat kamu. Ya, tempat wisata ini memang cukup populer di Kulonprogo.

Berada spot foto tersedia di destinasi yang terletak di ketinggian 450 mdpl ini. Misalnya saja seperti high rope game (HRG), spot panggung, spot foto.

Melalui spot-spot foto itu, panorama waduk Sermo dapat terlihat. Hanya saja kamu perlu menyediakan budget tambahan untuk bisa selfie di tempat tersebut.

Lokasi Kalibiru : Jl. Waduk Sermo, Hargowilis, Kokap, Kulonprogo

Jam buka : 06.00-17.00 WIB

Tiket masuk Kalibiru : Rp10 ribu (info bisa berubah sewaktu-waktu)



3. Bukit Jangkang

@onyone96

Wisata di Kulonprogo ini memiliki nama yang cukup unik. Dimana sebutan itu diberikan karena destinasi ini dibangun di atas bukit yang terdapat pohon jangkang.

Konsep Bukit Jangkang nyaris sama dengan Kalibiru. Dimana terdapat gardu pandang yang bisa dijadikan sebagai spot foto sekaligus menyaksikan keindahan Waduk Sermo.

Lokasi Bukit Jangkang : Sermo Lor, Hargowilis, Kokap, Kulonprogo

Jam buka : 08.00-17.00 WIB

Tiket masuk Bukit Jangkang : Rp5 ribu (info bisa berubah sewaktu-waktu)


4. Bukit Cendana
@nyonya_vanezia

Pemandangan yang ditawarkan memang nggak jauh berbeda dari Kalibiru. Hanya saja kamu bisa melihat waduk dari angle yang berbeda.

Bukit Cendana bukan cuma untuk melihat keindahan view dari ketinggian. Pemandangan sunset alias matahari tenggelam pun nggak kalah epik saat dilihat dari wisata Kulonprogo ini.

Lokasi Bukit Cendana : Hargowilis, Kokap, Kulonprogo

Jam buka : 08.00-18.00 WIB

Tiket masuk Bukit Cendana : Rp5 ribu (info bisa berubah sewaktu-waktu)



5. Bukit Pethu
@lisasft

Dari wisata ini, kamu bisa melihat Waduk Sermo dari jarak yang lebih dekat daripada destinasi-destinasi sebelumnya. Selain itu, spot foto yang cukup unik seperti replika balon udara juga tersedia.

Bukit Pethu bisa kamu temukan dengan cara mengelilingi jalan lingkar Waduk Sermo dan mengikuti papan petunjuk yang disiapkan pengelola.

Lokasi Bukit Pethu : Tegalrejo, Hargowilis, Kokap, Kulonprogo

Jam buka : 06.30-16.30 WIB

Tiket masuk Bukit Pethu : Rp5 ribu (info bisa berubah sewaktu-waktu)


Itulah sederet wisata di Kulonprogo yang menawarkan pemandangan Waduksermo dari ketinggian. Mungkin kamu bisa mencatat nama-nama destinasi tersebut sebagai referensi tempat liburan setelah wabah corona benar-benar mereda.