Resep Pizza Pan Dadar -->

Advertisement

Resep Pizza Pan Dadar

Bukan Siapa-siapa
06 Januari 2016

Bismillahirrahmanirrahiim

Bila tak punya oven,jangan putus asa. Cake,kukis bahkan pizza bisa dibuat tanpa oven,kok. Ubek ubek saja resep cake yang ada blog ini, ada beberapa yang tanpa oven. Sekarang giliran pizza yang dibuat tanpa oven. Sudah sering,sih dulu bikin pizza begini.Sama enaknya. Syarat utamanya gunakan api yang sangat sangat keciiiiiill. Pokoknya api terkecil yang bisa,deh supaya pizza matang sempurna gak pake gosong di bawahnya. Oh ya,jangan lupa ditutup supaya panasnya gak kemana mana jadi bagian atas mudah matang.

Resepnya sebenarnya sama saja dengan pizza yang lain,kok. Ini cuman beda di pengolahannya saja. Tapi ndak apalah saya tulis kembali saja,ya.



Bahan roti :
250 gr terigu (proteintinggi dianjurkan,protein sedang boleh, campuran keduanya juga gak dosa)
5 gr ragi instan
1 sdt gula pasir
1 sdm minyak zaitun
1/2 sdm margarin
Air secukupnya,maaf lupa ngukur hehe. Cara menuang air untuk adonan roti itu sedikit demi sedikit supaya gak kelebihan

Cara Membuatnya :
1. campur,aduk,dan diamkan sampai mengembang : ragi instan, sedikit gula pasir, dan air 2 sdm
2. Campur terigu , gula,minyak zaitun,dan campuran ragi, uleni hingga kalis. tambahkan margarin, uleni hingga kalis elastis. Diamkan hingga mengembang 2 kali lipat.
3. Kempiskan. Potong menjadi beberapa bagian. Satu bagian untuk satu pan dadar,ya. Berat tiap bagian di sesuaikan dengan diameter teflon saja.

Toppingnya :
Mayones
sosis
keju mozarel atau quickmelt jg gpp hehe
Boleh ditopping apa aja kok.suka suka saja dan tergantung stok bahan yang ada.


Bahan Saus :(aku copas dari file resepku aja ya)
250 gr tomat segar,dikukus,kupas,buang isi,cincang halus
250 gr daging sapi giling
200 gr saus tomat atau pasta tomat
100 ml air
2 sdm margarin untuk menumis
2 sdm bombay cincang halus
¾ sdt oregano kering
½ sdt basil kering
2 lembar daun bay
Bumbu halus:
3 siung bawang putih
½ sdt lada
½ sdt gula pasir
2-3 sdt garam
jangan lupa ditutup ya
Cara Membuat :
  1. Tumis bumbu halus hingga harum. Masukan bombay cincang, aduk rata lalu tambahkan daging giling dan tomat cincang,tumis hingga harum.
  2. Masukan saus tomat dan air. Masak hingga daging matang dan saus mengental.
  3. Menjelang diangkat,tambahkan oregano,basil,dan daun bay.


Penyelesaiannya :
1. Ambil adonan roti, Ratakan di Pan dadar. Jangan terlalu tipis karena akan mudah gosong .Jangan pula terlalu tebal karena nanti tidak matang merata.Diamkan sebentar.
2. Oleskan saus bolognaisse di atasnya. Lalu Tuang mayones di atasnya, ratakan. Rasanya bakal gurih kalau pake mayones.
3. Beri topping misalnya sosis lalu yang terkahir keju. Tutup pan dadar.

4. Letakkan di atas kompor, panggang dengan api yang sangaaaaat kecil. Pokoknya yang paling keciiil banget supaya bagian bawah gak mudah gosong. Bisa dicek untuk melihat kematangan,biasanya ditandai dengan keju yang sudah meleleh dan bagian bawah sudah agak mengeras. Ingat ya api keciiiil saja.