Faktor yang Menyebabkan Peningkatan Nilai Saham Mining Bitcoin -->

Faktor yang Menyebabkan Peningkatan Nilai Saham Mining Bitcoin

Valeria V
06 April 2022

Sejak awal minggu ini, nilai saham mining Bitcoin telah melonjak. Hal ini terjadi karena harga BTC itu sendiri mengalami peningkatan. Selama seminggu terakhir, nilai Bitcoin naik sebesar 17.4% dan 7.3% dalam 24 jam terakhir.

Peningkatan harga tersebut mendorong saham penambang Riot Blockchain (RIOT 10.12%) meningkat sebesar 15% dan 10.3% pada saat penulisan. Kompetitor Hut 8 Mining (HUT 5.7%) sempat meningkat sebesar 13.6% dan saat ini kembali meningkat sebesar 6.6%. Selain itu, pemasok komputasi Canaan (CAN 6.00%) meningkat sebesar 11.7% ke level tertinggi, dan meningkat lagi sebesar 5% lebih tinggi pada saat penulisan.

Penambang jelas akan menghasilkan lebih banyak uang karena harga Bitcoin naik. Sedangkan biaya yang dikeluarkan tidak meningkat secara signifikan, sehingga pendapatan penambang tetap mengalami peningkatan. Hal ini layaknya komoditas penambang material fisik yang mengalami lonjakan.

Leverage lain yang mereka miliki adalah bahwa para penambang cenderung memiliki aset Bitcoin yang signifikan di neraca mereka, yang juga akan mengalami peningkatan nilai. Untuk melihat aset yang mereka miliki sesuai perspektif, pada akhir tahun 2021 Riot Blockchain memiliki 4.884 BTC di neraca. Sedangkan Hut 8 Mining memegang 5.518 Bitcoin dalam neraca, aset ini tentu berkontribusi pada peningkatan harga maupun nilai saham saat ini.

Di sisi lain, Canaan berperan sebagai outlier dari daftar tersebut dengan hanya memegang sebanyak 70.5 BTC dan menghasilkan pendapatan dari penjualan mesin mining ke operator. Ini mungkin tidak memiliki dampak langsung layaknya Riot Blockchain dan Hut 8 Mining. Akan tetapi pencapaian ini merupakan suatu bentuk peningkatan yang mempengaruhi seluruh entitas mining.

Sementara volatilitas akan terus menjadi standar untuk industri kripto, pengguna perlu mengupayakan kondisi yang lebih stabil untuk industri ini. Investor dan pengembang semakin merasa nyaman dengan kondisi di mana peraturan yang mempengaruhi industri tidak akan datang dari negara maju. Hal ini memungkinkan lebih banyak investasi.

Dalam jangka panjang, tren ini akan mencapai momentum bullish. Akan tetapi volatilitas ekstrem kemungkinan besar akan berlanjut. Di sisi lain, terdapat kemungkinan terjadinya pembalikan momen dalam waktu singkat.

Sumber : Fool