Resep dan Cara Membuat Banana Furai -->

Advertisement

Resep dan Cara Membuat Banana Furai

Bukan Siapa-siapa
20 Mei 2016

Bismillahirrahmanirrahiim

Ini salah satu olahan pisang anti mainstream. Olahan pisang ini begitu digemari rakyatku. DImakan pas masih anget, wuih enaaak banget. Suatu hari s\kami mampir di sebuah tempat makan di Jl.Simatupang.Nha di depan Rm makan tersebut ada etalase pisang pasir dengan harga 1000/pc. Kami nyoba membeli beberapa,wah enak ternyata. Danu dan Haifa suka banget. beberapa hari setelah itu Haifa merengek minta pisang pasir. Cek gojek, wealah ongkire ajah 30.000 . Trus saya teringat pernah menulis resep untuk sebuah buku tentang aneka olahan pisang ,resep pisang katsu. Coba ah dibikin kayak gitu ajah. Pisang tinggal beli ke engkong pinggir kali, panir orange ada. Eh danu dan Haifa suka banget meski gak awet renyah kayak pisang pasir.

nha ini panir putih yang unik. Bukan panir putih yang biasa

Setelah itu kita jadi sering bikin. Nha pas belanja bulanan saya melihat ada panir putih namun beda dengan panir yang biasanya untuk ebi furay beku itu .Saya pikir, pisang pasir di Jalan Tb Simatupang pakai panir itu, kita coba buat pakai panir itu ,memang lebih renyah tapi tetap gak seawet pisang pasir. Ternyata bukan pakai panir jenis itu hehe. Tapi lebih enak,kok dari panisr orange. Lebih kress..halah apa ya istilahnya. ya pokoknya lebih enak,deh hehe

Kayaknya kepanjangan openingnya. Ini blog resep kali hehe...nha saking simplenya olahan enak ini maka resepnya gak pakai takaran yak hehe. Padahal memang malas nakar hehehe . Wong ini cuman kayak bikin pisang goreng biasa tapi ada tahap digulingkan di tepung panir yang kasar, gitu aja. Wis pokoke anti gagal. Masa iya,sih bikin pisang goreng saja gagal

Oh iya istimewanya banana furay ini,meskipun pisangnya kematangan tapi hasil gorengannya gak hitam dan gak lengket di wajan seperti kita kalau bikin pisang goreng tapi pisangnya kematangan. Malah enak soalnya kriuks di luar,lembek di dalam hehe.



Lha malah tambah panjang lagi pembukaannya haha. oke mak emak semua, inilah resep banana furay ala saya. Dinamain pisang katsu boleh, pisang pasir boleh,apa aja boleh asalkan bukan dinamain rangga dan cinta hehehe.


1. Pisang  uli, kupas,belah dua atau potong jadi dua,tergantung selera ajah  (pisang tanduk, pisang kepok juga gak dosa kok hehe )
2. Terigu dicairkan dengan air ,gunakanya untuk mencelupkan pisang sebelum digulingkan di panir. Biar lengket panirnya ke badan pisang . Biar kaya rasa, tambahkan sedikit garam dan gula pasir/
3. Tepung Panir orange, panirputih boleh tapi yang pasti tepung panir yang kasar yaa bukan halus.
4. Minyak goreng untuk menggoreng (iyalah,gak mungkin untuk mandi )

pakai panir putih unik 
Cara Membuat :
1. Celupkan pisang pada tepung celupan
2. Gulirkan di tepung panir
3. Langsung goreng di minyak panas sedang hingga kuning kecoklatan. Sajikan hangat.


nha ini pakai panir orange.