Antara Bitcoin Futures ETF dan Bitcoin Futures Spot, Manakah yang Lebih Baik? -->

Antara Bitcoin Futures ETF dan Bitcoin Futures Spot, Manakah yang Lebih Baik?

Valeria V
18 April 2022

ETF Bitcoin merupakan aset yang hanya melacak harga Bitcoin. dengan berinvestasi di dalamnya, pengguna masih dapat memperoleh keuntungan dari Bitcoin tanpa melalui proses mendaftar di bursa dan metode verifikasi. Konon, ETF Bitcoin memiliki jumlah yang terbatas.

Bitcoin Futures ETF
Ini merupakan perjanjian di mana seseorang akan membeli atau menjual Bitcoin dengan harga dan waktu tertentu. Terlepas dari volatilitas aset, beberapa pihak memilih untuk membeli Bitcoin di masa mendatang karena kepercayaannya bahwa harga pembelian akan lebih rendah di waktu tersebut. selain seluruh proses dilakukan oleh platform, trader juga dapat mempersingkat aset dan membuat kontrak jual.

ETF Bitcoin Spot
Selain memungkinkan pengguna untuk berinvestasi pada harga Bitcoin spot dibandingkan nilainya di masa depan, ETF Bitcoin spot memberikan kemampuan investasi efisien yang sama dengan ETF Futures Bitcoin. Manfaat dari ETF Bitcoin spot adalah investasi tanpa bursa, membutuhkan lebih sedikit biaya, menyederhanakan keseluruhan proses transaksi.

Kondisi ETF Bitcoin Spot Saat Ini
Selama bertahun-tahun, perusahaan kripto telah mengusulkan berbagai konsep kepada Securities and Exchange Commission (SEC). Namun, usulan tersebut belum disetujui secara legal. Di sisi lain, beberapa perusahaan telah melegitimasi Futures Bitcoin ETF.

Pada Maret 2022. Grayscale tetap berkomitmen untuk mengubah Grayscale Bitcoin Trust (GBTC) menjadi ETF Bitcoin spot pertama di dunia. Bahkan, pihaknya mengancam akan menuntut SEC jika upaya tersebut tidak berhasil. Sebagai oposisi, SEC mengklaim bahwa manipulasi pasar merupakan penyebab tertahannya persetujuan ETF Bitcoin spot.

Apakah ETF Bitcoin Spot Lebih Baik daripada Futures?
Faktanya, kedua produk tersebut memiliki pro dan kontra sehingga sulit untuk mengatakan mana yang lebih baik di antara keduanya. Futures Bitcoin ETF tidak melibatkan pembelian dengan harga spot Bitcoin.

Akan tetapi menyederhanakan proses pembelian dan memungkinkan investor melakukan staking di pasar secara lebih luas. Namun, Futures BTC ETF memiliki beban biaya yang lebih tinggi. Sebaliknya. ETF Bitcoin spot akan membawa ‘legitimasi’ terhadap aset karena memungkinkan pengguna untuk berinvestasi di Bitcoin tanpa benar-benar menjadi holder. sumber : cointelegraph