Memanfaat Sisa Air Rebusan Ayam atau Daging (Air Kaldu) -->

Memanfaat Sisa Air Rebusan Ayam atau Daging (Air Kaldu)

Bukan Siapa-siapa
30 Januari 2016

Bismillahirrahmaanirrahiim...

Pernah gak merebus ayam trus ada sisa air rebusannya? Pasti pernah,ya. Jangan dibuang,yaa karena bisa dimanfaatkaan. Enak banget malah hehe. Oh ya,biasanya air rebusan ini tersisa kalau merebusayamnya dalam jumlah banyak. Kalau sedikit biasanya airnya sedikit saja jadi ketika matang,nyaris gak ada sisa. Atau kalau merebusnya sambil ditinggal jualan ,jangankan sisa,yang ada gosong wkwkwk.



Ini beberapa kebiasaan yang saya  lakukan terhadap sisa rebusan ayam. Boleh dicoba,kok dijamin suka.



1. Untuk merebus tempe atau tahu sebelum digoreng. Tahu atau tahu akan lebih spicy kalau sebelum digoreng direbus dulu dengan air kaldu. gurih gurih gimanaaa gitu. Dimakan paakai sambal bawang aja sedap banget,apaalagi nasinya pulen dan hangat. Musim hujan pulak. Aih lafar emaaaakkk.


2. Untuk tambahan kuah soto. Dijamin akan berkaldu banget kuah sotonyaa kalau dikasih air sisa rebusan ayam. Gak perlu tambahan MSG,deh kalau masak soto berkaldu gini. Sudah gurrrriiih banget.


3. Untuk Tumisan. Tumisan sayur atau apapun yang bisa diberi air kaldu ini lalu dimasak hingga airnya mengering . Skip MSG ,deh kalau sudah pakai air kaldu ini.



4. Buat masak nasi berbumbu tapi disaring dulu ya kalau buat masak nasi berbumbu.


Nha kalau belum dipakai, simpan dengan baik air kaldu. Bisa dimasukan ke dalaam wadah tertutup lalu dimasukkan ke kulkas. kalau saya tarih dipanci aja dan setiaap hari diangetin soalnya kulkasku rusak hehehe.

Semoga bermanfaat,ya.