Membuat Mie Ayam ala Rumahan -->

Advertisement

Membuat Mie Ayam ala Rumahan

Bukan Siapa-siapa
01 Januari 2015

Bismillahirrahmaanirrahiim


Saya suka mie ayam tapi bukan mie aam porsi kuli kayak yang dijual,di mana mienya semangkuk penuh, ayamnya kurang bumbu. Saya mau mienya sedikit,ayamnya banyak hehehe. Banyak dan berbumbu jadi mienya benar-benar terbalut bumbu.

Kadang-kadang saya membuat mienya sendiri, kadang ya beli di pasar. Jadi kita tinggal rebus dan bikin ayam bumbunya saja. Ayam untuk mi ayam biasanya saya bumbuin pake kecap jadi manis namun bukan manis biasa tapi manis yang sarat bumbu. Jadi mie ayamnya tanpa kuah kaldu pun sudah enak. Maka kadang saya gak perlu bikin kuah kaldu, cukup kuah dari topping ayamnya saja karena saya buat sangat spicy.


mie homemade. Foto jadul hehe
Bahan mie :
250 gr terigu protein tinggi
1 telur
125-150 ml , cara pakainya dituang sedikit demi sdikit sampai pas. Lupa  ngukur hehe.

Bahan topping ayam :
500 gr ayam fillet, potong dadu
Kadang saya tambah tulang-tulang biar berkaldu banget
Kecap manis, lumayan banyak ini tapi ya sesuai selera sih
Salam
Serai
Lengkuas
air secukupnya
minyak untuk menumis

Bumbu Halus :
10 butir bawang merah
4 siung bawang putih
2 kemiri
jahe seruas jari
kunyit sedikit aja
lada 1/4 sdt
1/4 sdt ketumbar
gula pasir
garam secukupnya


Kuah :
ceker ayam dimasak bersama air dengan api kecil saja

Pelengkap :
caisim, seduh
minyak zaitun  (sok sehat gitu,deeeh)
saus sambal
sambal cabe rawit

Kadang air untuk mie kuganti dengan air dari blenderan sawi yang diperas.
jaadinya mie ayam hijau. 
Cara membuat :
1. Mie : campur terigu dan telur,uleni sambil dituang air sedikit demi sedikit. Kalau sudah pas hentikan. Giling di adonan mie sampai kalis banget, dimulai dari yang paling tebal  (no 7 ) sampai ke ketebalan yang diinginkan. biasanya no 2,3 atau 4.  Baru,deh dimasukan ke gilingan yang untuk mie. Setelah jadi mie bisa langsung direbus atau digulung dulu. Kalau disimpan di kulkas, usahakan ditabur terigu dulu biar lebih awet.

2. Topping ayam : Tumis bumbu halus ,masukan salam,serai,lengkuas, tumis hingga harum. tambahkan ayam, kecap dan air,masak hingga mengental.

3. Penyajian : rebus mie, tuang di mangkuk, beri kuah dan topping ayam. Sajikan dengan pelengkap