Review dan Sinopsis Because This Is My First Life -->

Advertisement

Review dan Sinopsis Because This Is My First Life

Bukan Siapa-siapa
25 September 2020



Because This Is My First Life merupakan drama romantic comedy yang ditayangkan oleh tvN pada tahun 2017. Drama ini merupakan hasil kolaborasi antara aktor ternama Lee Min Ki dan Jung So Min bersama dengan sutradara drama Let’s Eat yaitu Park Joon Hwa. Lantas apa yang membuat drama ini berbeda dari dari drama rom-com lainnya? Yuk kita simak pembahasan dibawah ini!


Sinopsis Because This Is My First Life


  • Tahun rilis: 2017
  • Genre: Romance, Comedy, Drama
  • Network: tvN
  • Produksi: MI Inc.
  • Sutradara: Park Joon Hwa
  • Pemeran: Lee Min Ki, Jung So Min
  • Jumlah episode: 16

Because This Is My First Life bermula dari Nam Se Hee (Lee Min Ki) seorang computer designer eksentrik yang seluruh hidupnya sudah tertata. Diusianya yang sudah hampir mencapai kepala 4, Se Hee sama sekali tidak berminat dengan pernikahan dan lebih memilih untuk hidup bersama kucing peliharaannya.

Se Hee tinggal disebuah apartemen yang ia beli dengan mencicil. Dan dikarenakan pembayaran cicilannya masih panjang, ia memutuskan untuk menyewa salah satu kamar di apartemennya. Ketika ia masih mencari housemate yang cocok, teman sekaligus atasannya Ma Sang Goo (Park Byung Eun), memperkenalkan seseorang bernama Yoon Ji Ho (Jung So Min).

Yoon Ji Ho sendiri merupakan seorang asisten penulis naskah drama lulusan Seoul National Universiy. Ji Ho sebenarnya memiliki tempat tinggal di Seoul bersama dengan adiknya. Namun, karena adiknya sudah menikah dan istrinya sedang hamil, ia memilih untuk mencari tempat tinggal lain.

Dikarenakan miskomunikasi, Se Hee berpikir jika Ji Ho adalah laki-laki dan Ji Ho mengira Se Hee adalah seorang wanita. Dan karena jadwal kesibukan keduanya berbeda, Se Hee dan Ji Ho tak pernah sekalipun bertemu meskipun sudah tinggal bersama selama satu minggu,

Ketika akhirnya keduanya bertemu, mereka terkejut ternyata mereka berbeda gender. Namun, karena Se Hee kesulitan dalam mencari housemate yang sesuai dengan kriterianya, ia tidak masalah jika Ji Ho tetap menjadi housemate-nya. Dan akhirnya mereka tetap menjadi housemate.

Namun, ketika ibu Se Hee tiba-tiba mengunjungi apartemennya Ji Ho memilih untuk pindah dan tinggal di sebuah ruangan kosong di workshop tempatnya bekerja untuk sementara. Tetapi, karena beberapa alasan Se Hee bertemu lagi dengan Ji Ho.

Dan karena Se Hee frustasi dengan ayahnya yang terus menerus menekan ibunya untuk membuat Se Hee segera menikah. Akhirnya Se Hee menawarkan pernikahan kontrak pada Ji Ho dan kompensasinya Ji Ho bisa tinggal di apartemennya dengan biaya yang miring. Di awal Ji Ho menolak, namun karena suatu kejadian dan beberapa pertimbangan akhirnya Ji Ho menerima penawaran Se Hee.


Dream vs Reality


Jika kita menilai dari sinopsisnya, Because This is My First Life terlihat seperti drama komedi romantis pada umumnya. Dalam drama kalian tetap akan menemukan sentuhan kisah jenaka dan romantic note khas drama Korea, namun storyline yang disajikan oleh drama ini bukanlah tipikal komedi romantis. Surprisingly, drama ini memuat banyak isu tentang real life dan salah satunya mengenai impian.

Ji Ho memiliki mimpi untuk menjadi seorang penulis yang sukses. Meskipun ia merupakan lulusan dari universitas prestisius sekelas Seoul National University, kenyataannya hal tersebut tidaklah cukup untuk membuat mimpinya berjalan dengan mulus.

Ji Ho berakhirnya menjadi seorang asisten naskah drama yang bertugas untuk menulis sub-lines dan menyisipkan produk-produk sponsor dalam naskah drama. Ji Ho benar-benar bekerja keras untuk dapat mencapai goal dalam karirnya namun sayangnya realita terkadang tidak sejalan dengan mimpi kita.


Dalam suatu episode, Ji Ho mengalami sebuah insiden sangat buruk hingga membuatnya memutuskan untuk berhenti mengejar mimpinya menjadi seorang penulis. Setelah kejadian itu Ji Ho memberi jeda untuk dirinya sendiri untuk lebih memahami apa yang sebenarnya ia inginkan.

Selain Ji Ho, karakter lain juga mengalami permasalahan tentang mimpi mereka. Karakter Won Seok (Kim Min Suk) disini memutuskan menyerah untuk membangun perusahaan startup dengan teman temannya dan memilih untuk bekerja di perusahaan seniornya, karena kesulitan yang ia hadapi.

Serta karakter Soo Ji (Esom) yang awalnya mengubur dalam-dalam mimpinya memutuskan untuk berhenti dari pekerjaan tetapnya meskipun ia sudah mencapai jabatan tinggi. Ia memilih untuk menghidupkan mimpinya sebagai CEO dan memulai membangun bisnisnya.

Ketiga skenario ini mengenai mimpi ini menujukan bahwa tidak ada kata terlambat untuk menghidupkan mimpi, tidak apa-apa untuk memberi waktu untuk lebih memahami apa yang sebenarnya kita inginkan dan terkadang menyerah bukanlah keputusan yang salah.

Commitment Problem


Selain menggambarkan kisah dari Ji Ho dan Se Hee, Because This Is My First Life juga memberi spotlight pada pasangan lain salah satu diantaranya adalah pasangan Ho Rang (Kim Ga Eun) dan Won Seok (Kim Min Suk). Dalam drama ini keduanya dikisahkan sudah menjalin hubungan selama 7 tahun dan sudah tinggal bersama.

Namun, permasalahannya Won Seok belum ada keinginan untuk membawa hubungan mereka ke jenjang pernikahan, meskipun Ho Rang sering memberi sinyal bahwa ia ingin menikah. Dan Won Seok tidak begitu paham mengapa pasangannya sangat ingin menikah.

Dalam drama ini digambarkan bagaimana keduanya kesulitan untuk memahami hardships dari pasangannya masing masing meskipun sudah bersama selama bertahun-tahun.


The Books


Dalam drama Because This Is My First Life, narasi dari Ji Ho ataupun Se Hee sering kali berasal dari kutipan-kutipan buku ataupun puisi. Seperti buku To Room Nineteen, World’s End Girlfriend dan lain-lain

Lalu, disini Ji Ho juga beberapa kali memberitahu isi dari buku favoritnya kepada teman-temannya ataupun Se Hee. Kemudian, mereka akan berdiskusi tentang konten dari buku tersebut.

Selain itu, drama ini memperlihatkan bagaimana intrepretasi Jiho terhadap buku yang pernah ia baca sebelumnya berubah seiring bertambahnya waktu. Penulis seakan mengajak penonton untuk melakukan hal yang sama dan melihat bagaimana pengalaman hidup dan pemikiran kita seiring dengan berjalannya waktu dapat mengubah perspektif kita.


Final Thought


Di awal saya mengira bahwa Because This is My First Life adalah drama komedi romantis biasa, namun ternyata drama ini lebih dari sekedar rom-com. Siapa yang menyangka drama komedi romantis bisa mencakup permasalahan tentang real life seperti keluarga, karir, pertemanan dan cinta.

Mulai dari episode awal hingga akhir drama ini menunjukan bahwa rom-com tidak selalu penuh dengan adegan klise, character development dalam drama bisa selogis itu, dan karakter wanita dalam drama bisa lebih dari sekedar love-interest karakter utama pria.

Because This is My First Life benar-benar menggambarkan kehidupan orang dewasa pada umumnya. Bahkan setiap karakter yang ada dalam ini tidak dipoles menjadi sempurna seperti kebanyakan drama lainnya.

Drama ini memberitahu penonton bahwa hal yang wajar jika kita melakukan kesalahan atau mengalami kegagalan karena bagaimana pun hidup di dunia ini merupakan pengalaman pertama untuk kita. Dan tidak ada satupun buku yang bisa mengajarkan kita untuk dapat hidup dengan sempurna di dunia ini.

Maka dari itu Because This is My First Life merupakan drama yang nyaris sempurna untuk saya. Satu-satunya keluhan saya adalah ada beberapa bagian diakhir yang menurut saya butuh lebih dijelaskan lagi. Dan kekurangan drama ini tergolong minor, sehingga skor yang saya berikan untuk drama ini 9.5/10.


Untuk yang belum pernah menonton, saya sangat merekomendasikan drama ini, karena banyak sekali pembelajaran tentang kehidupan yang bisa kalian dapatkan dari drama ini. Lalu, bagi yang pernah menonton bagaimana penilaian kalian tentang drama Because This is My First Life?


source : bacaterus