Tempat wisata Yang Wajib Kamu Kunjungi Saat Di Daerah Istimewa Yogyakarta -->

Advertisement

Tempat wisata Yang Wajib Kamu Kunjungi Saat Di Daerah Istimewa Yogyakarta

Bukan Siapa-siapa
13 Juni 2020



Yogyakarta adalah kota yang sangat istimewa dan akan selalu membuat kamu rindu untuk terus kembali kesana. Selain dikenal sebagai kota budaya, Yogyakarta juga punya banyak tempat wisata yang siap memanjakan kamu sejak awal kali kamu menginjakkan kaki disana. Tidak hanya sebagai kota pelajar saja, Yogyakarta juga sangat kental dengan berbagai sudut kota yang memiliki cerita dibaliknya. Yogyakarta juga menjadi kota yang sangat ramai dikunjungi oleh wisatawan dalam dan luar negeri sehingga tidak heran hampir setiap hari kalau kamu ke Yogyakarta pasti suasana akan selalu ramai nampak seperti musim liburan. Jalan-jalan ke kota ini kamu bisa mencicipi aneka macam kuliner yang menggugah selera dengan cita rasa yang tidak akan ada di kota lain di Indonesia. Jadi, kapan ke Yogyakarta?

Tempat wisata di Yogyakarta


Begitu kamu sampai di Yogyakarta, kamu tidak akan pernah kehabisan tempat tujuan wisata. Kamu bisa pilih mau wisata yang berbau pantai, wisata kuliner, wisata gunung atau city tour. Semua yang ada pasti akan membuat waktu liburanmu menjadi lebih menyenangkan. Jangan lupa siapkan kamera karena di Yogyakarta ada banyak spot foto yang sangat instagramable yang pasti membuat kamu nampak chic dan update. Kamu bisa pilih mau wisata ke tempat yang modern atau ke tempat klasik. Tenang saja, jangan takut kantong kamu bolong. Rata-rata objek wisata di Yogyakarta harganya masih sangat terjangkau. Bahkan ada pula yang bisa kamu kunjungi gratis tanpa biaya apapun. Menarik sekali bukan? Kamu bisa memilih akan menginap di hotel, homestay atau di villa yang banyak tersedia di Yogyakarta dengan berbagai range budget yang menarik. .

Beberapa tempat menarik pilihan Kami ini bisa jadi referensi buat kamu yang mau liburan ke Kota Gudek.

Alun – Alun Kidul


Terletak dibelakang Kraton Yogyakarta, Alun – Alun Kidul menjadi tempat wajib tiap datang di Yogyakarta menjelang malam. Di dalam Alun – Alun Kidul terdapat dua pohon beringin besar yang berdiri kokoh. Terdapat cerita mitos dari dua pohon beringin ini yang malah menjadi daya tariknya saat ini.


Kampung Edukasi Watu Lumbung


Berada di utara pantai parangtritis, Kampung Edukasi Watu Lumbung menjadi trend wisata yang menyuguhkan panorama keindahan pesisir selatan Yogyakarta dari atas ketinggian. Dan kamu akan merasakan menyatu dengan alam saat sampai disana.


Museum De Mata Trick Eye


Sebuah museum tiga dimensi pertama di Indonesia ini memiliki koleksi lebih kurang 120 gambar tiga dimensi. Para pengunjung disuguhi sensasi tipuan gambar yang mengagumkan dan dapat mengabadikannya.

Museum De Mata Trick Eye berada di XT Square Gedung Umar Kayam, lt Basement No 150-151, Jl. Veteran Pandeyan, Umbulharjo, kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta. Akses menuju lokasi wisata ini sangatlah mudah dijangkau dengan kendaraan umum maupun kendaraan pribadi dengan waktu tempuh kurang lebih 15 saja dari pusat kota Yogyakarta.

Taman Sari


Kemegahan arsitektur kuno, pemandangan mempesona, dan gemercik air yang menenangkan menjadikan Taman Sari sangat menakjubkan saat dikunjungi. Taman Sari bisa menjadi tempat wisata sejarah yang wajib kamu kunjungi selanjutnya.



Taman sari berada di Jalan Taman Patehan Keraton kota Jogja. Lokasi taman yang satu ini tepat sekali berada di bagian barat daya Keraton Jogja. Untuk bisa sampai ke sini, anda bisa mengambil rute dari kawasan Malioboro. Dari Malioboro anda harus menuju kearah alun-alun Keraton Yogyakarta, lalu ke arah barat menuju jalan Ngasem. Setelah itu tinggal belok kiri dan sampai ke jalan Tamanan. Pada sisi sebelah barat anda bisa menemukan gerbang masuk menuju ke tempat wisata ini.


Malioboro


Yogyakarta pasti akan selalu identik dengan Malioboro. Malioboro merupakan nama sebuah jalan yang sangat populer dan menjadi pusat destinasi saat di Yogyakarta. Dan di Malioboro banyak pedagang yang menjajakan oleh – oleh khas dengan harga miring bagi kamu yang ingin mencari sesuatu sebagai buah tangan dari liburan.

Sepanjang jalan Malioboro memiliki sisi istimewa yang tidak akan kamu temui di belahan kota manapun di Indonesia. Kamu bisa jalan-jalan ke Mall Malioboro, menikmati sajian musik penyanyi keroncong jalanan atau pengamen 'hits' jalanan , menikmati secangkir kopi sambil bercengkrama dengan sahabat atau keluarga. Banyak spot foto yang sangat instagramable juga disana.




Tugu Jogja


Inilah landmark Kota Jogja yang paling terkenal. Tugu Jogja semakin malam semakin ramai, dan banyak angkringan berjejer disekitaran bahu jalan, yang menambah syahdu menikmati malam dengan segelas kopi jos khas Yogyakarta.



Candi Borobudur



Mahakarya abad ke-9 yang sudah di akui oleh UNESCO ini merupakan monumen Buddha termegah. Berkunjung ke tempat yang satu ini secara tidak langsung anda tengah mempelajari sebuah pelajaran sejarah nenek moyang kita di masa yang telah lalu. Selain itu, kita bisa membaca sebuah relief yang diukir pada bangunan tersebut. Bagi anda yang tidak bisa membacanya, biasanya akan anda seorang pemandu yang akan membimbing anda untuk membacanya dari pertama sampai akhir. Dengan demikian, tempat yang satu ini cocok untuk anda jadikan sebagai tempat berlibur bersama keluarga tercinta.


Candi Prambanan


Terletak di 17km dari pusat kota Yogyakarta, Candi Prambanan menjulang luar biasa menakjubkan di tengah – tengah taman yang ditata indah. Di area Candi Prambanan juga terdapat candi – candi lain yang bisa kamu kunjungi dan nikmati sampai matahari terbenam menghadirkan senja.


Candi Prambanan seolah tak luput dengan simbol kisah cinta yang melegenda. Yups, cerita legenda tersebut merupakan kisah cinta seorang pangeran yang bernama Bandung Bondowoso yang menaruh hati kepada seorang putri yang bernama Roro Jonggrang. Sayangnya, kisah cinta itu bertepuk sebelah tangan, guys. Candi Prambanan adalah bukti bahwa Pengorbanan Cinta itu tak ada artinya jika Orang Yang Kamu Cintai tak Mencintaimu…

Dibalik ceritanya yang melegenda, Candi Prambanan pastinya menyimpan keindahan yang luar biasa. Nah, keindahan inilah yang menajdi daya tarik bagi wisatawan domestik maupun mancanegara.




Cave Tubing Gua Pindul



Ini merupakan sebuah wisata alam yang tidak akan kamu temukan di hiruk – pikuk perkotaan. Menelusuri sungai didalam gua yang berlorong – lorong dengan hiasan stalaktit dan stalagmit yang indah menjadikan Cave Tubing Gua Pindul menjadi liburan yang memberi sensasi pertualangan.

Pantai Parangtritis


Yogyakarta juga sangat akrab dengan pantai – pantai yang indah. Salah satunya Pantai Parangtritis di Kabupaten Bantul. Selain terkenal karena keindahan alamnya yang memukau, pantai yang menjadi andalan Kota Yogyakarta ini juga dikenal karena aroma mistisnya yang begitu kental. Maka tak heran jika di saat-saat tertentu, kamu bisa menjumpai sebuah ritual adat yang biasa dilakukan oleh masyarakat setempat di sekitar pantai ini.


Di pantai ini kamu juga bisa menikmati indahnya sunrise ataupun sunset dengan panorama alam menakjubkan karena keberadaan bukit pasir, bukit bebatuan sampai dengan pasir vulkanik hitam yang berpadu bersama deburan ombak.

Oh iya, tak jauh dari pantai ini ada juga loh tempat yang asyik dan ngehits tentunya , yaitu Gumuk Pasir. Di kalangan pecinta wisata, barangkali Gumuk Pasir Parangtritis sudah tidak awam lagi untuk didengar karena suguhan alamnya yang memang sangat menakjubkan. Atraksi wisata serupa gurun pasir yang biasanya dijumpai di Negara – negara Timur Tengah atau Afrika Utara ini telah memikat banyak wisatawan baik lokal maupun mancanegara.




Jadi, destinasi yang mana dulu yang akan kamu kunjungi?