Tempat Wisata di Bondowoso Ini Punya Pemandangan Seperti Negeri Dongeng -->

Advertisement

Tempat Wisata di Bondowoso Ini Punya Pemandangan Seperti Negeri Dongeng

Bukan Siapa-siapa
13 Juni 2020



Bicara soal Kota Bondowoso, mungkin kamu akan teringat dengan wisata Kawah Ijen. Yap! Destinasi tersebut memang bisa dijangkau dari Kota Tape.

Bahkan sebelum menuju ke Ijen, sebenarnya ada beberapa tempat wisata di Bondowoso yang bisa kamu kunjungi. Soal pemandangan, nggak kalah cakep dari pemilik fenomena bluefire itu.

Penasaran dimana saja letaknya? Simak deh ulasan beberapa tempat yang bakal bikin kamu merasa 'feeling good' ini!


1. Punggung Naga (Gunung Piramid)


(Foto: instagram.com/Punggung Naga)


Naman tempat ini adalah Punggung Naga. Letaknya di Gunung Piramid yang beberapa waktu lalu sempat jadi sorotan pasca pendaki bernama Thoriq hilang secara misterius di kawasan ini.

Tinggi area yang merupakan bagian dari Gunung Argopuro ini memang cuma sekitar 1.521 mdpl. Tapi jangan dianggap remeh, karena kemiringannya mencapai 90 derajat. Bahkan jalur pendakiannya ekstrem dengan waktu tempuh kurang lebih 3 sampai 5 jam.

Sebenarnya, tempat ini direkomendasikan untuk pendaki yang sudah sangat berpengalaman. Sementara bagi mereka yang mungkin hanya sekali-kali naik gunung, disarankan untuk menyewa jasa guide kalau ingin ke wisata Bondowoso ini.

Lokasi Gunung Piramid : Kabupaten Bondowoso

Tiket masuk Gunung Piramid : -



2. Taman Galuh


(Foto: instagram.com/bondowoso_explore)


Seperti negeri dongeng, begitulah yang mungkin akan kamu rasakan saat berada di Taman Galuh. Terletak di kaki Gunung Crengih, akses jalannya masih sulit. Terlebih lagi papan petunjuk jarang tersedia, sehingga nggak jarang bikin orang nyasar.

Kalau kamu ingin ke wisata di Bondowoso ini, nggak disarankan bawa motor matic karena jalannya ekstrem. Kamu juga perlu rajin tanya pada penduduk sekitar mengingat rute untuk menuju ke Taman Galuh sering bercabang.

Lokasi Taman Galuh : Afdeling Girimulyo, Desa Sumberrejo, Kecamatan Ijen, Kabupaten Bondowoso

Tiket masuk Taman Galuh : Gratis (info bisa berubah sewaktu-waktu)




3. Kawah Ilalang

Foto: instagram.com/dara.trisha)

Wisata Bondowoso ini juga seolah membawamu ke negeri dongeng. Letaknya di depan Bukit Apeleppet.

Saat musim penghujan seperti sekarang, kamu bisa melihat hamparan rumpuh hijau yang tumbuh subur dipadukan dengan ilalang. Meski kemarau tiba, area ini tetap menyajikan pemandangan cantik dengan udara yang segar.

Untuk menuju ke Kawah Ilalang, kamu bisa ambil arah menuju Wonosari. Ambil arah ke Ijen. Karena aksesnya cukup sulit, nggak disarankan untuk menggunakan motor matic.

Lokasi Kawah Ilalang : Curah Macan, Kalianyar, Sempol, Kabupaten Bondowoso

Tiket masuk Kawah Ilalang : Rp5 ribu untuk parkir motor (info bisa berubah sewaktu-waktu)




4. Kawah Wurung


(Foto: instagram.com/hutangunung)

Selain Wisata Ijen, banyak traveler yang pasti sudah nggak asing dengan Kawah Wurung. Tempat wisata di Bondowoso ini cukup unik. Karena kawahnya bukan berisi air ataupun belerang, melainkan membentuk perbukitan yang ditumbuhi rerumputan seperti sabana.

Destinasi ini juga dijuluki sebagai Bukit Cincin, karena saat dilihat dari ketinggian, cekungan di bukit ini tampak seperti perhiasan cincin yang melingkar.

Bukan hanya untuk mencari udara segar atau konten Instagram, tempat ini biasanya juga dijadikan sebagai kegiatan paralayang, motor trail, hingga camping. Seru ya?

Lokasi Kawah Wurung : Kecamatan Sempol, Kabupaten Bondowoso

Tiket masuk Kawah Wurung : Rp3 ribu (info bisa berubah sewaktu-waktu)




5. Air Terjun Little Niagara

(Foto: instagram.com/ghedee)


Seperti namanya, air terjun di Bondowoso ini disebut-sebut mirip seperti destinasi di Amerika Utara, Niagara Waterfall. Alirannya melebar dengan debit sedang.

Berada di sini, kamu nggak hanya bisa menikmati keindahan aliran air terjunnya saja. Karena terletak di samping pabrik pengolahan kopi Arabica yang dikelola oleh PTP Nusantara XII, kamu juga bisa mencoba untuk mencicipi minuman berkafein tersebut.

Lokasi Air Terjun Little Niagara :
Plalangan II, Kalianyar, Sempol, Kabupaten Bondowoso

Tiket masuk Air Terjun Blawan :
Rp5 ribu (info bisa berubah sewaktu-waktu)


***********8

Nah, itu dia sederet tempat wisata di Bondowoso yang seolah akan membawamu ke negeri dongeng. Mungkin setelah wabah Corona mereda, kamu bisa segera meluncur ke sana!