Rekomendasi 5 Padang Sabana atau Padang Savana di Jawa Timur yang Akan Menyegarkan Matamu -->

Advertisement

Rekomendasi 5 Padang Sabana atau Padang Savana di Jawa Timur yang Akan Menyegarkan Matamu

Bukan Siapa-siapa
18 Juni 2020

rekomendasi padang sabana yang ada di jawa timur
padang sabana yang ada di Jawa Timur



Alam Indonesia yang terbentang dari Sabang sampai Merauke menyimpan begitu banyak keindahan dan keajaiban. Tak heran kalau ada yang bilang bahwa Indonesia adalah atlantis yang dulu sempat hilang. Kamu mencari gunung, gurun pasir, bahkan padang sabana pun ada di Indonesia.

Seperti Ranu Manduro beberrapa waktu lalu menjadi sorotan warganet setelah beredar video yang meperlihatkan keindahan pemandangannya di sosial media. Keindahan alam yang ditawarkan, berupa hamparan rumput hijau dan dipadukan dengan view Gunung Penanggungan.

Sayangnya, nggak sampai seminggu ramai di sosial media, Savana Manduro sudah dihiasi sampah. Bahkan pengunjung juga membludak sampai terlihat seperti 'cendol'.

Kabar tentang penutupan wisata di Manduro ini pun santer terdengar. Katanya, pemilik lahan dari PT Wira Bumi memilih untuk menutup padang savana bekas tambang ini. Sedih ya?

Eits, nggak perlu khawatir dulu. Kalau kamu belum sempat mampir ke savana di Ngoro, Mojokerto tersebut, beberapa sabana atau padang savana di Jawa Timur berikut ini siap menantimu kok. Scroll down, yuk!


1. Padang Savana Bromo


@erzarzkaaa_
Siapa sih yang nggak kenal dengan wisata yang ada di perbatasan 4 kabupaten Jawa Timur, seperti Probolinggo, Pasuruan, Malang, dan Lumajang ini?

Yap! Wisata Gunung Bromo memang terkenal. Pesonanya pun mampu menghipnotis wisatawan mancanegara. Salah satu keindahan yang nggak boleh terlewat dari destinasi ini adalah Padang Savana Bromo.

Saat musim hujan, padang rumput hijau serta hamparan ilalang yang dikelilingi bukit-bukit indah bisa kamu saksikan. Sementara di musim kemarau, rumput akan meranggas berwarna hijau kecoklatan. Meski begitu, keindahannya nggak luntur kok.

Lokasi Wisata Bromo : Kabupaten Probolinggo, Pasuruan, Lumajang, dan Malang. KLIK DISINI UNTUK LIHAT GOOGLE MAP

Tiket masuk Bromo : Rp29 ribu saat weekday; Rp34 ribu khusus weekend dan hari libur (info bisa berubah sewaktu-waktu)




2. Sabana Gunung Butak
@ro_nue

Gunung Butak memang nggak sepopuler gunung di Jawa Timur lainnya. Terletak di Kabupaten Malang, destinasi ini menyimpan sejuta pesona, salah satunya padang savana.

Meski nggak seluas Cikasur di Argopuro dan nggak secantik Gupakan Menjangan di Gunung Lawu, Sabana Gunung Butak punya pemandangan epik. Terlebih lagi dengan panorama gagahnya Gunung Semeru yang menjulang tinggi.

Padang rumput ini punya sumber air yang melimpah. Ketenangan pun akan kamu rasakan. Biasanya spot ini dijadikan sebagai tempat camping oleh para pendaki.

Lokasi Gunung Butak
: Kabupaten Malang , KLIK DISINI UNTUK MAP

Tiket masuk Gunung Butak
: Rp10 ribu jika memilih berangkat dari Panderman Basecamp (info bisa berubah sewaktu-waktu)




3. Savana Bekol
@steffistui

Sabana di Jawa Timur selanjutnya ada di dalam Taman Nasional Baluran yang terletak di wilayah Banyuputih, Situbondo dan memiliki luas sekitar 25.000 hektar.

Savana Baluran atau Savana Bekol punya dua keindahan yang berbeda. Dimana saat musim hujan, rerumputan akan berwarna hijau dan segar. Sementara saat kemarau tiba, padang rumput akan mengering, persis seperti pemandangan di Afrika.

bahkan karena padang savana yang dimiliki, Baluran mendapat julukan yang cukup menarik, yaitu, “The Little Of Afrika”.


Lokasi Baluran : Sumberwaru, Banyuputih, Kabupaten Situbondo . KLIK DISINI UNTUK GOOGLE MAP

Tiket masuk Baluran : Rp15 ribu saat weekday; Rp17.500 khusus weekend dan hari libur (info bisa berubah sewaktu-waktu)

Baca juga: Menyusuri Dermaga Apung di Kampung Kerapu, Wisata Barunya Situbondo yang Lagi Hits



4. Kawah Wurung
@rindymelandy20

Padang savana di Bondowoso yang bernama Kawah Wurung ini memiliki arti 'kawah gagal' alias nggak jadi. Mungkin dijuluki demikian karena kawah ini beda dari yang lain yang berisi air atau belerang.

Sedangkan Kawah Wurung justru membentuk perbukitan yang ditumbuhi rerumputan seperti sabana. Tempat wisata di Bondowoso ini pun dijuluki sebagai Bukit Cincin karena jika kamu melihatnya dari ketinggian, maka cekungan di bukit ini tampak seperti cincin.
@rismazida

Kawah Wurung Bondowoso bisasanya dijadikan sebagai tempat kegiatan paralayang dan motor trail. Selain itu, kamu pengunjung juga bisa camping di sini, lho.

Lokasi Kawah Wurung : Kecamatan Sempol, Kabupaten Bondowoso. KLIK DISNI UNTUK GOOGLE MAP

Tiket masuk Kawah Wurung : Rp3 ribu (info bisa berubah sewaktu-waktu)



5. Padang Savana Sadengan
@sherilvgiyen90


Padang Savana Sadengan berada di dalam Taman Nasional Alas Purwo , Banyuwangi yang terkenal dengan keindahan alamnya dan berbagai satwa liar sebagai penghuninya. Panorama yang ditawarkan Sadengan tidak kalah cantik dengan Savana Bekol lho.

Berada di dalam Alas Purwo Banyuwangi, kamu bisa melihat satwa liar yang sedang merumput melalui pos pemantauan berlantai 3. Dari spot ini, padang rumput yang luas pun bisa kamu saksikan.
@b.nabilahn


Lokasi Padang Savana Sadengan : Tegaldlimo, Purwoharjo, Kabupaten Banyuwangi. KLIK DISINI UNTUK GOOGLE MAP

Tiket masuk Padang Savana Sadengan : Rp10 ribu (info bisa berubah sewaktu-waktu)

*************


Nah, itulah savava yang ada di Jawa Timur. Bagaimana, pesonanya sudah seindah savana di Afrika, bukan?