Keindahan Pantai Buyutan di Pacitan Mahkota Dewa Narada Yang Jatuh -->

Advertisement

Keindahan Pantai Buyutan di Pacitan Mahkota Dewa Narada Yang Jatuh

Bukan Siapa-siapa
22 Juni 2020

Keindahan Pantai Buyutan di Pacitan

Deretan pantai di Pacitan selalu saja berhasil memesona para traveler. Salah satunya Pantai Buyutan yang ada di dekat Gua Gong. Tempat ini punya ciri keunikan tersendiri. Keindahan pantainya juga didukung dengan garis pantai yang cukup panjang, selain itu juga didukung pasir putih, air pantai yang jernih bersih dan tentunya fasilitas alam yang ada seperti ketersediaan sumber air tawar di sekitar pantai.

Bahkan di balik keindahannya, ada mitos yang ikut membuat tempat ini menarik. Mau tahu apa saja? Yuk simak ulasan berikut ini!


1. Pantai dengan Gugusan Karang yang Unik
@luceboediarso


Pantai dengan pasir berwarna coklat muda ini punya gugusan batu karang di pantai lepasnya. Menariknya, 'mereka' punya nama masing-masing lho, : Watu Bale , Watu Pasar, Watu Kerun, Watu Kenong, Watu Narada.

Di wisata Pacitan ini kamu juga bisa menemukan karang dengan bentuk menyerupai perahu sampai sebuah mahkota yang megah.

Nah, dari batu karang berbentuk mahkota inilah mulai muncul cerita yang berkembang di masyarakat. Apa saja tuh? Lanjut baca yuk!


2. Mitos Pantai Buyutan
@evarahmavnt18

Mitos tentang Pantai Buyutan juga menjadi daya tarik tersendiri bagi destinasi di Pacitan ini. Salah satunya terkait batu karang berbentuk mahkota. Konon batu tersebut adalah petilasan Dewa Narada.

Katanya pada zaman dahulu, Dewa Narada terbang mengelilingi laut selatan. Kemudian mahkotanya jatuh di lautan sekitar Pantai Buyutan. Batu karang yang letaknya menjorok ke lautan itulah yang dinilai sebagai 'mahkota milik Dewa Narada".


Selain mitos tersebut, ada pula yang menyebut bahwa pesisir di Pacitan ini masih dipengaruhi oleh Sang Ratu Pantai Selatan.

Entah benar atau hanya dongeng warga setempat, pastinya tempat ini tetap recommended untuk dikunjungi. Setuju?



3. Tempat Epik untuk Saksikan Sunrise dan Sunset
@addin_dc⁣


Pesona pantai di Pacitan ini bukan cuma terletak pada hamparan pasir coklat terang dan birunya air laut. Pemandangan sunrise maupun sunset di sini juga cantik.

Kamu bisa menikmati panorama matahari terbit maupun tenggelam dari atas tebing. Atau bisa juga dari jalan setapak yang bentuknya juga instagenik.


Ingin hunting foto di sini? Tenang, banyak spot menarik di sini. Bahkan beberapa sudut di sekitar tebingnya sering dijadikan sebagai foto prewedding.

Suasananya yang masih tergolong sepi dan asri pun akan membuatmu seolah ada di pantai pribadi. Belum lagi bibir pantainya yang cukup panjang. Jadi kamu bisa bebas jalan-jalan di area tepian pesisirnya.



4. Lokasi dan Tiket Masuk Pantai Buyutan
@dinanuraristiadewi

Lokasi Pantai Buyutan ada di Desa Widoro, Kecamatan Donorojo. Dari pusat Kota Pacitan, jaraknya sekitar 33 kilometer dengan estimasi waktu kurang lebih 1 jam berkendara.

Rute singkat yang bisa kamu pilih adalah melalui Gua Gong-Pantai Klayar. Kondisi jalan sudah baik dan minim persimpangan jalan.

Saat sudah sampai di kawasan Gua gong, ikuti petunjuk arah ke Pantai Klayar atau Pasar Kalak. Setelah menemukan pertigaan Pasar Kalak, pilih arah ke kanan menuju Desa Widoro sampai menemukan pintu masuk menuju Pantai Buyutan.


Untuk bisa masuk ke area wisata di Pacitan ini, kamu nggak perlu lagi bayar tiket masuk. Cukup sediakan biaya parkir sekitar Rp10.000,00 untuk mobil. Sedangkan parkir motor kurang lebih senilai Rp5.000,00.


Ingin camping di Pantai Buyutan? Kamu perlu lapor dulu ke petugas dan menyediakan biaya sekitar Rp15.000,00 saja.
@meysellast


Well, setelah tahu info tentang Pantai Buyutan, tertarik untuk mampir ke wisata ini selagi main ke Pacitan? Mumpung fasilitasnya sudah lumayan lengkap, lho. Ada warung makan, kamar mandi, sampai toilet.

Perlu kamu tahu juga nih. Karena di sini ada habitat kera berekor panjang, maka hindari untuk mengeluarkan makanan dari kantong, tas, atau lainnya. Soalnya 'mereka' cukup sensitif dengan hal-hal tersebut.:)