Tahukah Kamu, Trenggalek Punya Tebing Eksotis Yang Ngehits

Advertisement

Tahukah Kamu, Trenggalek Punya Tebing Eksotis Yang Ngehits

KENTHUS
Selasa, 19 Maret 2019



Destinasi Wisata Tebing Lingga/Tebing Linggo (WTL) yang ada di Kota Keripik Tempe kembali menjadi rujukan para wisatawan lokal maupun luar kota. Wisata Tebing Lingga (WTL) yang terletak di Gunung Lingga, Desa Nglebo Kecamatan Suruh Kabupaten Trenggalek ini menjadi alternatif rujukan karena menyuguhkan pemandangan indah dan alami. Akses jalannya relatif mudah, dari pusat kota Trenggalek. Dibutuhkan waktu sekitar 20 menit untuk menuju ke lokasi wisata alam tersebut.

Gunung Lingga merupakan icon dari desa Nglebo kecamatan Suruh kabupaten Trenggalek, Jawa Timur. Gunung yang memiliki keunikan akan bentuknya yang ramping dan menjulang tinggi dengan ketinggian 360 meter dari permukaan tanah ini menjadi satu – satunya wisata alam di Kabupaten Trenggalek.

Gunung Lingga ini sangat cocok untuk dijadikan sebagai tempat untuk panjat tebing, jadi tidak salah jika Kopasus pernah memilih gunung Lingga sebagai tempat latihan panjat tebing. Tidak hanya itu, di sekitar gunung ini juga masih memiliki keadaan alam yang sangat alami. Suasana pedesaan dengan udara yang bersih dan air sungai yang jernih menambah keindahan kawasan gunung tersebut.


Udara di kawasan WTL cenderung masih bersih dan sejuk, karena jauh dari perkotaan dan dikelilingi oleh kawasan hutan. Di lembah tebing terdapat sirkuit tanah yang biasanya dimanfaatkan oleh pecinta otomotif untuk berlatih motor trail. Bukan hanya itu saja di kawasan WTL ini juga ada fasilitas lain seperti gardu pandang, sungai yang bisa untuk bermain dan mandi, taman bermain anak yang nyaman, hingga wahana pemacu adrenalin berupa flying fox dan juga spot untuk berfoto / selfi. Untuk dapat menikmati keindahan alam ini, pengunjung hanya dibebani biaya tiket masuk sebesar Rp 5 ribu rupiah.


Di Wisata Tebing Lingga ini juga ada makanan khas pedesaan, seperti sayur lompong dan labu, yang dipadu dengan nasi thiwul berbahan dasar dari ketela yang dikeringkan atau biasa disebut gaplek. Pasti sudah ndak asingkan dengan nasi thiwul?? jika sampeyan ndak tau nasi thiwul berarti doanmu kurang jauh mblooo..hehehee

Untuk para pengunjung yang dari luar kota dan ingin bermalam di WTL untuk menikmati suasan pedesaan pada malam hari, pihak pengelola WTL telah menyiapkan Home Stay di rumah – rumah penduduk yang ada di sekitar lokasi wisata. Diharapkan, pengunjung bisa betah merasakan kehidupan di desa dengan kuliner yang asli dari Desa Nglebo Suruh ini.

Penasaran dengan destinasti wisata yang satu ini?? Silahkan datang ke Trenggalek gaes!!!