Resep dan Cara Membuat Lapis Terigu -->

Resep dan Cara Membuat Lapis Terigu

Bukan Siapa-siapa
18 November 2018


Bismillahirraahmairrahiim

Jangan ngaku makhluk penyabar kalau untuk membuat kue lapis saja malas hehe. Iya kue lapis adalah salah satu kue kesabarann hehe. Tiba tiba kangen ajah bikin kue -kue jadi mumpung libur antar jemput,bikin kue sajalah. 

Ternyata saya sudah susah motret,sudah lama tidak pegang kamera. Ya motret memang tiap hari,sih tapi pakai kamera hp saja. Lalu kangen masa-masa menulis buku resep, buka grup agen penulisan, buka email dan searching email email dari penerbit, saya nyaris menangis. Hiks, ya sudahlah. Sekarang sedang bertekat untuk kembali menulis. Semoga Allah mudahkan ,aamiin. Eh tapi beda genre,sih. Sekarang lebih ke ya gitulah, lihat saja nanti kalau terwujud ya.





Yeileh malah curhat haha..Baiklah tadi saya buat kue lapis terigu. Ini dia resepnya. Oh,untuk warna coklatnya saya tambahkan cokelat bubuk karena saya gak suka aroma pasta cokelat

Bahan :
150 gr terigu protein sedang
75 tepung sagu
1 butir telur
¼ sdt vanili
½ sdt garam
140 gr gula pasir
550 ml santan kental
1 sdt cokelat bubuk



Cara Membuat :
1.Panaskan dandang pengukus/ steamer, oles loyang (saya tadi menggunakan loyang loaf size 26x 13x7 karena ketemunya itu hehe tapi lapisnya jadi gak tinggi ya ) lebar dengan margarin,masukkan ke dalam dandang,nyalakan api hingga air mendidih.
2. campur terigu dan sagu, gula ,vanili, garam , pecahkan telur di atasnya, tuang sedikit demi sedikit santan sambil di aduk rata dengan whisker.
3. Bagi dua adonan, satu adonan biarkan putih, satu lagi tambahkan cokelat bubuk.
4. Tuang 2 sendok sayur adonan cokelat ke dalam loyang, tutup dandang pengukus, kukus 3-4 menit, tuang 2 sendok sayur adonan ke atasnya, kukus 3-4 menit. Lakukan hal tersebut hingga adonan habis. Kukus 20 menit
4. Keluarkan dari steamer, angin anginkan, balikkan loyang di atas plastik, setelah benar benar hilang uap panasnya ,potong potong dengan pisau bergerigi yang dilapisi plastik. Hidangkan.