Resep Martabak Manis Pan Dadar , Cocok untuk Musim Hujan -->

Advertisement

Resep Martabak Manis Pan Dadar , Cocok untuk Musim Hujan

Bukan Siapa-siapa
14 November 2017

Bismillahirrahmanirrahiim

Hujan - hujan, anak anak cari cemilan. Cemilan mudah dan hemat salah satunya ini.Gak sampai 1 jam sudah siap santap. Kali ini tidak membuat yang versi mini melainkan versi sedang hehe . Tetap tidak menggunakan cetakan martabak manis/ terang bulan yang tebal banget itu tapi pakai pan dadar bahan teflon. pan dadar teflon asalkan berkualitas baik, tebal dan teflon gak mudah mengelupas.hasilnya baik juga,gak kosong dan tetap bisa bolong bolong bersarang. Tapi tetap harus diperhatikan ya kualitas teflon dengan ketebalan adonan. 

Kan banyak pan dadar teflon berkualitas kurang baik, tidak tebal, ringan, dan mudah mengelupas. nha itu biasanya bikin gosong dan adonan tidak mengembang sempurna. oh ya,pan dadar teflon tidak perlu dioles minyak atau margarin ya karena nanti bikin jelek kulit, tidak rata, bopeng bopeng.

Kali ini saya bikin dengan resep berbeda dari biasanya. Kemudian, saya tidak mengikuti metode abang-abang tukang mertabak di mana, topping ditaburkan ketika martabak sudah matang. Saya gak suka yang kayak gitu karena topping dan adonan jadi kurang menyatu hehe. Saya lebih suka menaburkan topping ketika adonan setengah matang dan toppingnya tidak perlu banyak banyak.





Langsung ajah yaa..capek nulis mukadimahnya wkwk

Bahan :
2 butir telur
100 gr gula pasir
250 gr terigu protein sedangg
1/4 sdt  lebih sedikit bpda (baking powder biasa juga tidak apa apa )
1/8 sdt soda kue
50 ml minyak goreng  bila perlu (saya gak pakai, ngurangin lemak hihi)
300 ml air
Margarin untuk olesan kulit

Topping :
mesise, keju,dll. tergantung selera ajah ya, bisa SKM, kacang kacangan,dll.

Cara membuat :
1. kocok telur dan gula hingga mengembang, cukup mengembang ajah,tidak perlu berjejak
2. Tambahkan terigu ,BPDA, soda kue dan air sedikit demi sedikit sambil dikocok dengan speed rendah hingga tercampur rata dan adonan ringan. Tambahkan minyak goreng, aduk rata.

3. Diamkan kurang lebih 20-30 menit
4. Panaskan pan dadar, atur agar api tidak terlalu besar ya. Setelah cukup panas , tuang 3 sendok sayur adonan.
5. Setelah mulai berlubang sedikit,taburkan topping, jangan terlalu penuh ya ,tar malah adonan gak ngembang . Tutuplah pan dadar, biarkan hingga matang.
6. Keluarkan dari pan dadar, lipat menjadi dua,oles margarin bagian kulit, potong -potong.
7. Sajikan hangat.