Resep Es Jamu : Gula Asem , Simple -->

Advertisement

Resep Es Jamu : Gula Asem , Simple

Bukan Siapa-siapa
16 November 2017

Bismillahirrahmanirrahiim

Makin marak nih penjual jamu tradisional kekinian. Kekinian maksudnya cara pengemasan dan pemasarannya. Dikemas botol personal yang bagus bagus bentuknya dan dipasarkan secara online jadi terkesan jamu mulai naik kelas ,gak lagi digendong mbok mbok jamu ditawarkan ke sana kemari di perkampungan, di pinggir jalan. 

Pastinya juga diolah secara lebih higienis dan bahan bahan baik meskipun  usaha rumahan karena penjual jamu tradisional kekinian biasanya orang yang well educated, yang paham bahwa produk dengan kualitas baik yang bisa bertahan lama di pasaran.

gula palem
Nha saya salah satu pembeli jamu tradisional kekinian lho hehe tapi sekarang sedang mengetatkan ikat pinggang jadi berhenti dan membuat sendiri. Semua bahan di rumah ada, tinggal ekseskusi ajah,cepat pula soalnya bikin buat pribadi jadi tidak banyak ya. 
Berawal dari kesengsem sama jamu gula asem yang dijual teman FB,pengen beli lagi tapiii...kan lagi hemat maka memutuskan membuat sendiri.

asem jawa
Es gula asem ini menggunakan gula palem jadi beda deh aromanya,lebih dapat feel tradisionalnya gitu,deh. Asemnya bukan asem yang panjang panjang cakep itu tapi asem yang biasa dijual di warung warung tapi yang saya pakai ini warnanya gak terlalu hitam seperti asem jawa kebanyakan itu ya. warnanya masih warna agak cokelat gitu. Saya ada beberapa pak, dulu ngelarisin dagangan seorang kakek tua. Alhamdulillah rasanya tetap enak kok meski pakai asem warungan hehe.

Bahan:
500 ml air
50 gr asam
100 gr gula palem

cara membuat :
1. Masukan semua bahan dalam panci
2. Rebus dengan api sedang hingga mendidih dan sambil sesekali diaduk
3. Diamkan hingga mencapai suhu ruang sambil sesekali diaduk agar sari asemnya keluar
4. Saring ,masukan ke wadah,bisa botol. Simpan dalam lemari es atau bila mau langsung dissajikan, bisa ditambahkan es batu.