Resep Sup Iga Sapi Goyang Lidah -->

Resep Sup Iga Sapi Goyang Lidah

Bukan Siapa-siapa
23 September 2017

Bismillahirrahmanirrahiim

Rahasia sup,soto itu menurut saya salah satunya ada pada kuahnya yang berkaldu asli. Kuah berkaldu didapat dari daging atau tulang tulang yang direbus dengan jumlah yang proposional .Maksudnya bila tulang atau dagingnya sedikit,airnya ya jangan banyak banyak ,nanti malah gak berasa.
Kalau kuah kaldunya sudah berkualitas maka tak perlu kaldu sintetis lagi sebagai penyedap.
Di sini saya tidak  menggunakan presto agar daging atau iga empuk,melainkan merebusnya dengan api sedangg dalam waktu yang lama. Hasilnya empuk dan kaldunya berkualitas banget. Ciri kuah berkaldu itu ,selain harum juga teksturnya agak kental jadi tidak seperti air biasa.

Oh ya soal penggunaan garam,lebih baik cara menambahkannya sedikit demi sedikit. kalau di resep ini saya tulis 3 sdt maka saran saya ,jangan langsung 3 sdt karena ini berkaitan dengan kuah kaldu sisa rebusan. Ketika saya membuat ini setelah iga direbus menyisakan kuah kaldu kurang lebih 1 liter tapi bisa jadi ketika teman mempraktekan  resep ini hanya menyisakan 500 ml misalnya maka garamnya gak mungkin 3 sdt kan,nanti keasinan hehe. Itulah enaknya memasak,bisa diicip dahulu ,tidak seperti kue yang harus pas takarannya sejak awal karena tidak bisa diiicip ketika dioven atau dikukus hehe.

Bahan :
250 gr iga sapi
1500 ml air
2 buah wortel, potong
1 tomat , belah 4
1 kentang , potong
2 batang daun bawang
2 batang daun selederi
bawang goreng untuk taburan  Sambil diicip ,apakah garamnya kurang atau lebih.

Bumbu halus :
3 siung bawang putih
1/4 sdt lada
3 sdt garam
1 sdt gula pasir

Cara membuat :
1. Rebus iga dengan air 1500 ml hingga empuk (saya merebusnya selama 1 jam )  Pada rebusan pertama, kotorannya yang mengapung bisa disendok dan dibuang agar kuahnya bersih. Jika sudah empuk,sisa kuah sekitar 1 liter,itulah yang digunakan untuk kuah sup.
2. Masukkan bumbu halus, didihkan kembali. Bumbu ini bisa ditumis terlebih dahulu tapi kalau saya tidak perlu karena akan menambah kandungan minyak atau lemak pada sayur.
3. Masukan wortel dan kentang,didihkan kembali. Selanjutnyadaun bawang dan daun seledri. Didihkan sekali lagi.
4. Menjelang diangkat,masukan potongan tomat
5. Sajikan dengan taburan bawang goreng . Bisa ditambah sambal, tempe atau tahu goreng sebagai lauk.