Cara Membuat Klepon Lonjong dan Resepnya -->

Cara Membuat Klepon Lonjong dan Resepnya

Bukan Siapa-siapa
15 September 2017

Bismillahirrahmanirrahiim

Pernah kena jebakan betman ketika makan klepon? begitu digigit, isinya muncrat,kena jilbab lah inilah itu. Mana gula merah kan jadi keliatan banget.
oh ya kalau beli klepon kayaknya pake campuran yah,kurang berasa gitu rasa ketannya. Kenyalnya kurang maka saya sudah males beli klepon lagi. Mendingan bikin, berasa ketannya. Nha supaya gak muncrat isinya saya akalin dibentuk lonjong jadi kan gak ada ruang yang memungkinkan isinya muncrat ketika digigit. Eh beneran gak kemana mana isinya,santai ajah makannya hehe.

saya bikin klepon ini pakai tepung ketan putih ajah,gak pake sagu ,kapur sirih,dll. Pewarnanya pakai pemwarna buatan soalnya pohon daun suji sudah dibabat.

Bahan :
150 gr ketan putih
sedikit garam
150 ml air hangat ,cara pakainya sedikit demi sedikit ya
pewarna hijau
Air untuk merebus

Bahan isi :
gula merah disiri halus

Bahan taburan:
150 gr kelapa parut kasar
sejumput garam
1 lembar daun pandan

Cara membuat :
1. Bahan taburan : aduk rata, kukus . sisihkan
2.didihkan air untuk merebus
3. tepung ketan putih dan garam di aduk rata, tambahkan pewarna hijau, tuang sedikit demi sedikit air hangat sambil diuleni. Bila sudah bisa dipulung tanpa pecah,hentikan penggunaan air.
4. ambil sebagian adonan,pipihkan,beri isian,bentuk menjadi bentuk pipih memanjang .
5. Rebus hingga mengapung . Angkat, tiriskan sebentar,jangan lama lama karena nanti akan saling lengket satu sama lain. Setelah itu gulingkan di atas bahan taburan
6. Sajikan