Bothok Mlanding -->

Advertisement

Bothok Mlanding

Bukan Siapa-siapa
23 September 2017

Bismillahirrahmanirrahiim

Ini salah satu lauk kesukaan saya  .Kampung banget yak hehe.Maklum emang dari kampung tapi gak kampungan kok. Sekarang kita bisa membeli mlanding atau petai cina dalam bentuk sudah kupasan jadi gak repot repot ngupas lagi,deh

Bahan :
75 gr petai cina/ mlanding yang sudah dikupas
50 gr teri medan, cuci bersih
4 buah tahu putih,bukan tahu yang besar yah tapi tahu kotak kecil yang sebungkus isi 10 biasanya
200 gr kelapa parut yang masih muda. Oh ya dibersihkan kulitnya ya sebelum diparut.

untuk membungkus :
daun pisang
tusuk gigi untuk menyemat (tusuk gigi bersih ya,bukan bekas hehe)


Bumbu Halus :
5 bawang merah
2 bawang putih
4 cabe rawit merah
5 cabe merah keriting
1 kemiri,kalau mau disangrai dulu tapi saya mah gak disangrai,repot :P
1 sdt teh garam
1/2 sdt gula pasir
1/4 atau 1/2 sdt kaldu bubuk

cara membuat :

1. Campur semua bahan dan bumbu halus, aduk rata.
2. Ambil 2 sendok bothok ,bungkus bentuk tum dengan daun pisang lalu semat dengan lidi. Lakukan hingga bothok habis.
3. Kukus dengan api sedang kurang lebih selama 45 menit hingga matang.
4. Siap dipakai buat lauk.