Tahu Bulat -->

Tahu Bulat

Bukan Siapa-siapa
12 Januari 2016

Bismillahirrahmaanirrahiim

Di sini lagi heboh tahu bulat yang dijajakan dengan mobil pick up. Kalau dahulu,kan tahu bulat dijual menggunakan grobak dan mangkal di satu tempat. Kalau sekarang lebih mobile karena tahunya di jajakan berkeliling dengan pick up, digoreng dadakan juga . Dalam memasarkannya, penjual tahu menggunakan semacam suara yang direkam dan   diputar berulang ulang. Suaranya tampak wagu,sih tapi karena berulang ulang,masyarakat jadi hapal. Saya awalnya tidak tertarik membeli karane sethuku tahu bulat ,penggunaan msg-nya berlebihan hingga bikin eneg. Tapi pengen nyoba juga, kalai saja sudah gak berasa micin banget. Eh ternyata, masih sama hehe. Rasa micin full, getir getir gimana, mungkin kebanyakan btp atau zat aditif. Hiii...ngeri membayangkannya. Saya bilang ke Danu dan Haifa (yang pasti suka banget),gak boleh beli beli lagi tahu itu.

Lalu inget dulu saya pernah membuat tahu bulat,ya sudah saya bikin sendiri saja. Cuman ya itu kadang bisa kopong di dalamnya, kadang enggak bisa hehe. Tapi bagiku gak masalah,mau kopong atau tidak,toh sama sama tahu ,dikunyah ya hancur juga. Gak terlalu memusingkan kopong atau gak lah pokoknya,yang penting dapat pengganti tahu bulat yang dijual itu.

Cara buatnya sangat mudah, effort terbesarnya hanya pada saat memeras tahu untuk mengurangi (kalau bisa menghilangkan) kadar airnya. Perlu kesabaran memeras pelan pelan hehe. Tapi hasilnya ssesuai,kok tahunya lembut dan yang pasti lebih aman ya daripada yang getir getir itu.

Cara makannya bisa ditabur dengan bumbu tabur atau dimakan langsung saja . Silahkan dicoba resepnya.

Bahan :
20 buah tahu putih
minyak goreng untuk menggoreng

Bumbu halus :
5 siung bawang putih
1/2 sdt lada, kalau punya anak kecil kurangin dikit
3 sdt garam atau diicip aja dulu ya untuk memastikan
sedikit gula pasir
kaldu bubuk bila perlu

Cara membuat :
1. Haluskan tahu dengan food processor
2. Saring tahu dengan kain berpori halus, peras pelan pelan hingga kadar airnya berkurang banyak. Cara menyaring tahu begini sebaiknya sedikit sedikit dan memerasnya jangan terlalu kuat. Memang butuh kesabaran hehe. Saat itu saya pakai serbet saja. kalau serbetnya ada lubang agak besar aja, tahunya ikut keluar hehe.
3. Seteelah airnya di peras,campur tahu dengan bumbu halus, aduk rata. bentuk bulat.
4. Panaskan minyak dengan api ssedang. Masukan tahu bulat, goreng hingga kuning kecokelatan.
5. Sajikan hangat.