Resep dan Cara Membuat Bakso di Rumah -->

Advertisement

Resep dan Cara Membuat Bakso di Rumah

Bukan Siapa-siapa
12 Juni 2015

Bismillahirrahmanirrahiim..

Kalau makan bakso di luar yang super kenyal gitu,saya malah takut. Daging sapi asli gak mungkin sekenyal begitu. Kalaupun pakau pengenyal ,kayaknya melebihi batas aman. Pernah nyoba pakai pengenyalsesuai takaran,kenyalnya gak kayak gitu. Bahaya juga kalau kebanyakan soalnya bakso itu selain pengenyal,ada penghalus, dan pemutih juga,lho. Ada yang pakai,ada yang enggak pakai,sih.

Eksperimen demi eksperimen,akhirnya menemukan campuran untuk membuat bakso yaitu daging ayam. Setelah dicampurkan tekturnya lebih kenyal, putih,dan halus. Cuman gak sekenyal yang dijual,sih hehe. Akhirnya kutambahin sedikit baking powder dan taraaa..kenyal kayak dijual tapi jadinya pake btp juga ya hahaha. Ya pilihan aja,deh ,kalau mau kenyal gitu tambahin baking powder, kalau gak mau ya gitu juga sudah kenyal,kok.
Asalkan kuahnya berkaldu pasti enak,deh . Pelengkapnya ya sambal rawit, bawang goreng, sledr,dll sesuai selera.

Resep Dasar Bakso Sapi
Bahan :
300 gr daging sapi segar tanpa lemak
300 gr daging ayam fillet
30 gr sagu
Sedikit baking powder bila perlu
Bumbu Halus :
3 siung bawang putih goreng (diiris tipis dahulu sebelum digoreng)
¼ sdt lada butir
1 1/2 sdt garam
½ sdt gula pasir
1/8 sdt kaldu bubuk rasa sapi
Cara Membuat :
  1. Cincang daging sapi dan ayam lalu haluskan dengan food processor atau penggiling daging
  2. Campur semua bahan dan bumbu jadi satu lalu uleni hingga kalis.  buletin,masukan ke air panas. Kalo aku langsung direbus aja hehe.
  3. Siap dipake
Resep Dasar Kuah Untuk Bakso Sapi
Bahan :
2 liter air
250 gr tulang iga sapi
100 gr daging tetelan
1 batang daun bawang
Bumbu :
6 siung bawang putih,bakar dan keprek
1 sdt lada butir,dihaluskan
1 sdt garam
1 sdt gula pasir
¼ sdt kaldu bubuk rasa daging sapi


Cara Membuat :

  1. Masukan dalam sebuah panci semua bahan kecuali daun bawang dan bumbu jadi satu. Rebus dengan api kecil untuk waktu yang lama.
  2. Tambahkan daun bawang. Kuah siap digunakan