Cake Panggang Tanpa Oven -->

Advertisement

Cake Panggang Tanpa Oven

Bukan Siapa-siapa
8 Januari 2015

Bismillahirrahmaanirrahiim

Ini proyek iseng hehe. Gimana gak iseng, oven aja ada beberapa biji eh ini manggang kue tanpa oven. Ya sebenarnya pengen kasih inspirasi ke yang sering curhat ke saya pengen menggang kue tapi gak punya oven. Come oooonn...hanya sedikit berpikir yang tak biasa maka semuanya akan bisa.

Ini semuanya dengan alat sangat minim. Memang,ya hasilnya tidak sesempurna bila menggunakan oven,seperi bagian atas cake kurang cokelat dan bagian bawah terlalu cokelat . Tapi overall enak lah ,namanya juga dengan alat seadanya. Manggangnya pakai apa,sih? Saya ada cetakan kue dari baja. Nha cetakan tersebut saya letakan di atas kompor,dipanaskan dengan api kecil saja. Lalu loyangnya aku letakan di atas cetakan baja terssebut. Tutup loyang dengan tutup panci. 30-45 menit kue matang. Kue yang aku bikin kue butter cake. Dilihat yaa

Resep :
5 sdm margarin. Oiya akaran sdm itu peres ya.
5 -6 sdm gula pasir,kalo bisa yang butirannya halus
1 butir telur
7-8 sdm terigu protein sedang
1 sdm susu bubuk
sedikit bpda
1 sdm coklat chip kecil

Cara membuat :
1. Panaskan cetakan baja dengan api kecil
1. Kocok gula dan margarin dengan pengocok spiral. Bisa juga dengan whisker sampai lembut. Lalu masukan telur, kocok kembali.
2. Masukan terigum susu bubuk,dan bpda sambil diayak dan dikocok rata. Tambahkan coklat chip,aduk rata.  Kalau misalnya terlalu kering adonanya bisa ditambahkan sedikit susu cair atau air.
3. Tuang ke loyang 10 x15 cm (loyyang bronis yang paling kecil) yang sudah dioles margarin dan di alas kertas roti. Letakan diatas cetakan baja, tutup loyang dengan tutup panci atau apa saja. Panggang hingga 30-45 menit. Tes kematangan dengan menusukan tusuk sate atau lidi ke cake. Kalau sudah tidak lengket berarti sudah matang.