Bagaimana Bisa Terra’s UST Menyebabkan Dump Sebesar 20% di DeFi Token Curve (CRV) -->

Bagaimana Bisa Terra’s UST Menyebabkan Dump Sebesar 20% di DeFi Token Curve (CRV)

Valeria V
27 Mei 2022

CRV mengalami penurunan hingga $0,9 dalam 16 bulan terakhir, Tetapi setelah mengalami sedikit pemulihan, sekarang ini diperdagangkan pada $1,10. Penurunan ini disebabkan tepat setelah Curve mengusulkan penghapusan insentif untuk mempertahankan likuiditas yang terdiri dari Terra UST. Usulan proposal ini muncul setelah terjadinya kerusakan fatal terhadap harga patok dolar. Komunitas Curve memberikan dukungan lebih untuk mendukung proposal tersebut karena kejadian Curve de-pegging juga mengancam untuk menghancurkan kumpulan likuiditas mereka.

Saat proposal memberikan pengaruh positif terhadap Curve, Ia menerima beberapa kritik dari Twitter yang menuduh platform meninggalkan pemegang UST selama beberapa periode penting. Penurunan Curve yang terjadi secara tiba-tiba dalam keadaan pasar yang stabil ini kemungkinan terjadi karena adanya dump yang dipicu oleh sekelompok kecil trader yang menentang pengecualian UST.

Sell-off ini menyebar ke nilai total Curve (TVL). Defi lama menunjukkan TVL Curve yang turun sekitar 9% dalam 24 jam terakhir, berada pada harga $9,3 miliar.

Curve sendiri merupakan DeFi terbesar yang sebagian besar melayani perdagangan stablecoin. Curve menyediakan fasilitas untuk transaksi dalam likuiditas besar. Kumpulan likuiditas tersebut dipertahankan melalui setoran stabelcoin yang menawarkan pembayaran bunga.

Sementara terkena dampak dari turunnya UST. Kumpulan likuiditas “3pool” kini menjadi kumpulan likuidits yang terbesar di DeFi setelah UST menolak kesepatan pendiri Terra, Do Kwon untuk mempertahankan “4pool”.

Mengutip dari akun Twitter @Dynami_Patrick, ia menyatakan bahwa selama terjadinya UST de-pegging, pendapat Curve meroket sebesar 625% dari minggu sebelumnya karena trader berusaha untuk membuang kepemilikan UST mereka.

Namun, karena adanya paparan UST, platform mengalami penurunan yang signifikan dalam TVL-nya setelah kejadian itu.

Sumber : coingape.com