Khasiat Daun Kelor Yang Belum Banyak Orang Ketahui

Advertisement

Khasiat Daun Kelor Yang Belum Banyak Orang Ketahui

Kamis, 14 Maret 2019




“Dunia Tak Selebar Daun Kelor”. Peribahasa itu tidak sepenuhnya benar. Manfaat daun kelor ternyata jauh ‘lebih lebar’ daripada daunnya yang sekecil itu. Daun kelor memiliki sejuta khasiat.

Moringa oleifera merupakan nama latin dari tanaman kelor, namanya cantik yaa.. NIH (National Institutes of Health), Departemen Kesehatan dan Layanan Kemanusiaan Amerika, menyebutnya sebagai tanaman misterius. Ia disebut juga sebagai the Miracle Tree, atau Tree of Life. Di banyak negara dikenal juga sebagai “Tanaman Sahabat Para Ibu”, atau “Milik Mekkah” dan beragam nama lokal se tempat.

Di Indonesia sendiri secara umum mengenalnya sebagai kelor (Jawa dan Sunda), Sulawesi menyebutnya sebagai keloro, Madura menyebutnya maronggi, Minang sebagai Munggai.

Banyak masyarakat Indonesia yang percaya daun kelor mengandung kekuatan magis, penangkal santet, melunturkan susuk dan lain-lain. Tetapi tidak hanya itu saja, tumbuhan yang hidup hampir di semua daerah Indonesia ini memiliki khasiat yang begitu besar. Misalnya menyembuhkan berbagai macam penyakit. Bisa juga digunakan untuk obat herbal, obat alami, dan sekaligus juga obat kecantikan. Tapi kalau obat untuk mengatasi KEJOMBLOANMU kayaknya ndak bisa deh.

Mengapa memiliki khasiat yang begitu besar?
karena daun kelor mengandung:

1. Vitamin C, yang fungsinya sebagai pertahanan tubuh dan mencegah tubuh dari infeksi. Vitamin C pada daun kelor lebih tinggi 7 x dari vitamin pada jeruk.

2. Potasium atau kalium yang fungsinya untuk otak dan saraf. Kalium daun kelor 3 x lebih banyak dari pisang.

3. Kalsium yang berfungsi untuk pembentukan tulang dan gigi serta mencegah osteoporosis. Kalsium daun kelor 4 x lebih tinggi dari kalsium susu.

4. Memiliki daya antioksidan yang tinggi.

5. Tembaga, zat ini diperlukan untuk menyerap dan memanfaatkan zat besi. Kelor mengandung tembaga 3.1 mg/100 gram polong, 1,1 mg/100 gram daun segar, 28 kali lebih banyak dibandingkan dengan jeruk.

6. Besi, fungsinya membawa oksigen ke sel-sel tubuh dan membawa karbon dioksida keluar tubuh, mendukung fungsi otot, enzim, protein dan metabolisme energi. Kekurangan zat besi menyebabkan anemia, kelelahan, kelemahan, sakit kepala dan apatis. Kelor mengandung zat besi sebanyak 28,2 mg/100 gram daun kering, 25 kali lebih banyak dibanding bayam, 3 kali lebih banyak dari kacang almond.

7. Mangan, berfungsi untuk mendukung sistem kekebalan tubuh dan keseimbangan gula darah serta terlibat dalam produksi energi sel, reproduksi, dan pertumbuhan tulang. Kelor mengandung mangan sebanyak 1,06 mg/100 gram daun segar, 0,858 mg dalam 100 gram daun kering, 36 kali lebih banyak dibanding jeruk, 37 kali lebih banyak dibanding telur.

8. Magnesium, befungsi untuk membantu mengatur kadar kalium dan natrium dalam tubuh, yang terlibat dalam pengendalian tekanan darah. Kelor mengandung magnesium sebanyak 368 mg/100 gram daun kering, 4,6 kali lebih banyak dibanding bayam dan 24 mg/100 gram daun segar, 3,5 kali lebih banyak dibanding buah anggur merah, serta 2,20 kali lebih banyak bioavailable.

9. Fosfor, penting untuk tulang dan gigi yang kuat, serta untuk fungsi saraf yang tepat. Fosfor merupakan bagian dari kerangka struktural molekul biologis seperti DNA dan RNA. Sel-sel hidup juga menggunakan fosfor untuk transportasi seluler. Kelor mengandung 204 mg fosfor dalam 100 gram daun kering dan 110 mg dalam 100 gram polongnya. Dalam berat yang sama, kandungan fosfor dalam daun kelor 4 kali lebih banyak dibanding bayam dan 1,5 kali lebih banyak dibanding susu.

10. Zink, berperan penting dalam sintesis DNA dan RNA, produksi protein, insulin dan sperma, membantu dalam metabolisme karbohidrat, lemak, protein dan alkohol, berperan dalam mengeluarkan karbon dioksida, mempercepat penyembuhan, pertumbuhan, perawatan jaringan tubuh, dan mendukung indera seperti penciuman dan perasa.



Manfaat daun kelor Untuk kesehatan


1. Mampu Menurunkan Kadar Kolesterol Jahat

Kolesterol didalam tubuh manusia tak selamanya berbahaya dan jahat. Karena memang pada dasarnya tubuh kita membutuhkan asupan kolestrol yang cukup. Sedangkan kolesterol yang berbahaya bagi tubuh adalah kolesterol jahat.

Kolestrol jahat atau berbahaya bagi tubuh dalam dunia medis disebut dengan LDL (Low Density Lipoprotei) dan kolesterol baik disebut HDL (High Density Lipoprotein).

Manfaat daun kelor dapat menurunkan kadar kolesterol jahat sudah diuji oleh beberapa ahli kesehatan. Ekstrak daun kelor mengandung senyawa yang mirip dengan obat atenolol.

Terapi mengurangi kadar kolesterol jahat dengan daun kelor dapat dilakukan dengan meracik ramuan herbal secara alami sendiri. Namun bagi anda yang tidak ingin ribet, maka anda dapat membeli ektrak daun kelor yang sudah banyak dijual di apotik. Namun demikian, sebaiknya anda meminta resep dokter jika ingin membeli obat di apotik.

2. Manfaat Daun Kelor Untuk Anti Inflamasi

Secara teori daun kelor mengandung senyawa alami seperti kalsium, fosfor, Vitamin dan mineral yang lebih tinggi jika dibandingkan dengan kandungan yang ada di dalam sayuran lainnya. Hasil penelitian menunjukan bahwa ekstrak daun kelor mampu menghambat aktifasi NFkB dan mampu menurunkan resiko ekspresi sel tumor yang ada pada tubuh kita.

3. Mampu Meredakan Nyeri, Linu dan Letih

Jika anda sering merasakan nyeri linu dan letih maka anda dapat mencoba ramuan tradisional dari kelor. Kemampuan daun kelor untuk menghilangkan linu dan letih didasarkan pada sifat daun kelor yang menghangatkan serta mengandung pterigospermin untuk meredakan nyeri, linu dan letih. Caranya adalah dengan menumbuk daun kelor secukupnya lalu mengoleskan pada daerah yang terasa nyeri.

4. Menghilangkan Noda Hitam Atau Flek Pada Wajah.

Selain untuk kesehatan ternyata daun kelor juga dapat digunakan sebagai cara menghilangkan noda hitam bekas jerawat di wajah. Caranya adalah ambilah beberapa daun kelor yang sudah dicuci bersih dan tumbuk hingga halus. Lalu gunakanlah bahan tersebut untuk masker wajah dan tunggu hinga 5-10 menit. Setelah selesai bilas dengan air dingin. Selain untuk menghilangkan Noda Hitam Atau Flek Pada Wajah, daun kelor bisa juga untuk Melembabkan bibir, Mengatasi jerawat, Mengecilkan Pori-pori.



Itulah manfaat daun kelor yang sangat berguna bagi tubuh, meskipun kecil tapi kaya akan manfaat. Makanya jangan suka ngremehin yang kecil-kecil. Semoga bermanfaat. Sekian dan terima kasih.

-Dari Berbagai Sumber